Halo sahabat mancing setia apa kabarnya?.. Mudah mudahan dalam keadaan sehat selalu. Amin...
Nah sahabat mancing setia kali saya akan mencoba menawarkan sedikit penjelasan mengenai"Jenis dan aksara ikan pari" yang dapat anda jadikan masukan dan materi teladan untuk memancing anda.

Berhubung perkembangan mancing di indonesia sangatlah pesat, banyak para pemancing mengunakan tehnologi internet sebagai sarana untuk mencari info seperti: cara memancing yang baik, cara membuat umpan, tehnik memancing, harga harga alat pancing seperti: reel, joran, popper, minow, bait casting, senar bahkan daerah spot memancing yang banyak ikannya, oleh karna itu saya mencoba menawarkan beberapa tutorial dan artikel bagi para pemancing untuk memudahkan pencarian.

Ikan Pari ialah ikan air laut yang termasuk dalam sub grup kelas elasmobranchi, yaitu ikan yang memiliki tulang rawan dan juga grup Cartilaginous. Ikan pari memiliki bentuk badan pipih dan melebar dengan sepasang sirip dadanya yang melebar dan menyatu bersama sisi kiri dan sisi kanan kepalanya, sehingga ikan ini tampak atas dan tampak bawahnya nampak bulat atau punoval.

Ikan ini umumnya memiliki ekor yang begitu berkembang (memanjang) dan mirip cemeti. Dan Pada beberapa jenis spesies nya, ekor ikan pari ini dilengkapi dengan duri penyengat yang disebut sting-rays, mata ikan pari terletak pada kepala di bab samping, Posisi dan bentuk  mulutnya sendiri ialah sebagai terminal dan pada  umumnya memiliki sifat predator. Ikan Pari bernapas dengan celah insang yang berjumlah sekitar 5 – 6 pasang. Dengan Posisi celah insang yang terletak di bersahabat lisan pada bab bawah, Ikan pari jenis jantan sudah di lengkapi dengan sepasang alat kelamin yang juga disebut dengan clasper dan  terletak di pangkal ekor. Sedangkan Ikan pari betina pada umumnya berkembang biak dengan melahirkan (vivipar) dan jumlah anaknya antara 5-6 ekor., berbeda dengan ikan duyung yang melahirkan.

Ikan pari ialah jenis ikan yang unik, dengan bentuk badan yang tipis dan mirip bentuk layang-layang juga terlihat mirip memiliki sayap yang membuat ikan ini terlihat mirip ikan terbang, ikan pari tersebar di seluruh dunia, ekornya memiliki  pisau yang tajam dan memiliki racun yang begitu berbahaya.

Jenis jenis Ikan Pari :

Pari Mondol,Pari Minyak,Pari Cingir,
Pari Keprak/Pari Kupu-Kupu, Pari Mutiara, Pari Hidung Runcing, Pari Macan, Maugean Skate
Giant Shovelnose Ray (Rhinobatos typus), Pari Hiu-Shark Ray (Rhina ancylostoma), White Spotted Shovelnose Ray (Rhynchobatus djiddensis), Spotted Shovel Nose Ray (Aptychotrema sp), Yellow Shovel Nose Ray (Aptychotremata sp) Brown Stingaree (Urolophus westraliensis) ,Blotched Stingaree
Banded Numbfish, Ornate Numbfish (Narcine sp), Numbfish Eyed Skate
Western Round Skate
Brown Stingray (Dasyatis annolatus)
Brown Reticulad Stingray Manta Ray
Pari Burung Helang-Spotted Eagle Ray (Aetobatus narinari)
Pari Harimau, Pari Raksasa

Ukuran dari ikan pari yang pandai balig cukup akal bervariasi dengan ukuran yang  kecil, dengan lebar 5 cm dengan memiliki panjang 10 cm hingga ada yang berukuran sangat besar mencapai lebar 610 cm dan panjang 700 cm. Jumlah dan jenis ikan pari yang hidup pada perairan di seluruh dunia hingga dikala ini belum ada info yang sempurna perihal berapa jumlahnya. Dan ada yang pernah teridentifikasi secara akurat dan sempurna di Indonesia sesuai dengan hasil penelitian dari Sainsbury et,dan Tarp and Ifailola yang di lakukan di Samudra Hindia ada sebanyak 16 spesies.

Nah sahabat mancing setia itulah sedikit penjelasan mengenai jenis jenis ikan pari mudah mudahan artikel ini mampu bermanfaat.

Gambar ikan pari.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top