Halo sahabat mancing setia apa kabarnya? Mudah mudahan dalam keadaan sehat selalu. Amin....
Nah sahabat mancing setia kali ini saya akan mencoba menawarkan sedikit penjelasan mengenai" Tehnik Mancing Barakuda Dan Umpanya" yang dapat anda jadikan masukan dan materi contoh untuk memancing anda.

Mancing di tengah laut sungguh memiliki sensasi petualangan yang akan memicu adrenaline kita, di samping lokasinya yang begitu menantang, jenis ikan yang akan dipancing pun kebanyakan berangasan karakternya, lain dengan ikan air tawar di pemancingan yang pembawaannya tenang. Sebab itu diharapkan persiapan serius sebelum berpetualang ke laut lepas. Peralatan pancing, kawasan hasil pancingan dan juga umpan yang sesuai. Salah satu ikan perairan laut yang asyik untuk dipancing yaitu ikan Alu-Alu atau ikan Barakuda.

Umpan mancing ikan barakuda atau para pemancing menyebutnya ikan Alu alu merupakan jenis ikan yang memiliki tampang menakutkan dengan ukuran badan besar dan panjang yang tertutup sisik-sisik halus. Ikan Alu alu banyak dijumpai di laut tropik atau pun subtropik. Memancing ikan Alu-Alu butuh umpan yang sesuai. Di habitat aslinya, ikan Alu-Alu biasa memangsa ikan kembung, tembang, selar, cumi-cumi, dan jenis ikan lain. Cumi-cumi merupakan mangsa kesukaan ikan ini.

Ikan Alu Alu termasuk predator yang beraktifitas siang malam. Di malam hari ikan Alu Alu akan mencari sumber cahaya dalam memburu mangsanya. Makanya mereka sering hilir mudik di erat dermaga dengan lampu penerangan atau berenang di sekitar denah apung bercahaya lampu petromak.

Cara mancing ikan baracuda.

Cara menangkap ikan Alu Alu biasanya dengan menggunakan jaring, dipancing atau mampu juga menggunakan perangkap ikan. Khusus untuk memancing ikan Alu Alu ini biasa digunakan teknik kasting dan trolling. Umpan jitu mancing ikan Alu Alu beragam mulai dari umpan tiruan minnow, cumi-cumi, spoon garpu dan lainnya.

Sementara untuk umpan hidup, mampu menggunakan ikan selar, kembung dan cumi-cumi. Pemancing diingatkan untuk tidak mendaratkan ikan Alu Alu erat dengan kaki mereka, agak menjauh sedikit untuk menghindari sabetan gigi mereka yang setajam pedang samurai.

Teknik mancing ikan barakuda

Untuk tali pancing yang digunakan, pastikan menggunakan serat kawat (neklin) ataupun kawat tunggal (single wire) mengingat tajamnya gigi ikan barakuda ini. Kendati merupakan kelompok ikan permukaan atau ikan pelagis, namun terkadang ikan Alu Alu pun mau memangsa umpan yang ada di dasar laut. Daging ikan Alu Alu memang tak begitu lezat. Lebih-lebih berdasarkan sejumlah literatur yang ada, ikan Alu Alu dengan bobot 10 kilo ke atas tak aman jika dimakan. Diperkirakan ikan Alu Alu dengan berat segitu, konsentrasi racun yang menumpuk di badan mereka sudah melebihi ambang batas aman. Racun di dalam badan Alu Alu ini lantaran kerapnya mereka memangsa jenis ikan tertentu di habitat terumbu karang.

Ikan Alu Alu memiliki panjang badan yang tak biasa, dengan begitu tenaga tarikannya pun kuat. Kalau tak terampil menarik tali pancing dengan betul, ikan barakuda akan lolos atau mungkin saja malah putus digigit ikan ini yang terkenal dengan giginya yang sangat tajam. Segala umpan jitu yang biasa dipakai untuk memancing di laut berpeluang untuk memperoleh ikan Alu Alu ini.

Nah sahabat mancing setia itulah sedikit penjelasa mengenai tehnik mancing barakuda dan umpannya mudah mudahan artikel ini mampu bermanfaat bagi para pemancing setia, selamat mencoba.

Gambar ikan barakuda.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top