Halo teman mancing setia apa kabarnya mudah mudahan dalam keadan sehat selalu. Amin.. Kali ini saya akan menunjukkan sedikit penjelasan mengenai "Tehnik Jitu Memancing Popping."

Berhubung perkembangan memancing diindonesia sangat pesat, banyak para pemancing mengunakan media Internet sebagai sarana untuk mencari berita mengenai, cara memancing,cara membuat umpan,tehnik memancing, harga joran, senar,reel, popper,minow dan daerah memancing yang banyak ikannya. Saya mencoba menunjukkan beberapa tutorial atau artikel bagi para pemancing untuk mempermudah pencarian.

Teknik Mancing Popping - Cara Kerja Teknik Popping.
Popping yaitu teknik memancing menggunakan umpan buatan yang disebut popper. Popper terbuat dari materi dasar kayu dengan aneka macam jenis ukuran dan terdapat 3 pasang mata kail / hook dibagian bawahnya. Umumnya target ikan dengan teknik ini yaitu giant trevally, tuna, dan lain – lain.

Teknik Memancing Popping

Peralatan yang perlu disiapkan dikala akan memancing menggunakan teknik popping :

Reel
Kita mampu menggunakan reel yang memiliki ukuran 8,000-10,000 dengan kapasitas spool besar biar dapat menampung senar yang panjang.

Joran
Joran yang digunakan berukuran 2,1 – 2,5 meter.

Senar
Rekomendasi senar yang digunakan yaitu PE 6 – 12. Dengan menggunakan senar ukuran ini, memungkinakan kita untuk melempar ke area yang lebih jauh, selain itu kapasitas gulungan di reel juga akan lebih panjang.

Leader Line
Untuk ukuran leader berkisar antara 80lbs hingga denga 150lbs.

Umpan
Karena menggunakan teknik popping, untuk umpan tentunya menggunakan popper. Pemilihan popper juga harus diperhatikan. Sesuaikan dengan target ikan dan lokasi memancing. Ada 2 jenis popper yaitu Chugger dan Pencil. Chugger mempunyai kepala yang lebug besar dan agak cekung, sehingga dapat menghasilkan bunyi dikala disentak yang akan menarik perhatian ikan. Umpan jenis ini cocok digunakan diperairan yang lebih hening dan efektif untuk jenis ikan Giant Trevally. Untuk Pencil Popper, bentuknya lebih ramping dan tidak menyebabkan bunyi keras. Penggunaan pencil popper cukup ditarik terus menerus, tidak perlu disentakkan. Popper pencil ini efektif untuk ikan Tuna.

Bagaimana cara kerja teknik popping ini?

Yang dilakukan yaitu melempar popper sejauh mungkin, kemudian menyentaknya kembali sehingga menyebabkan bunyi dan gerakan dari popper yang menarik ikan – ikan predator untuk untuk menyambar umpan popper tersebut.

Nah teman mancing setia itulah sedikit penjelasan mengenai tehnik jitu memancing popping, mudah mudahan artikel ini mampu jadi masukan buat para pemancing setia. Selamat mencoba.

Gambar tehnik memancing popping.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top