Halo sahabat mancing setia apa kabarnya mudah mudahan dalam keadaan sehat selalu, Amin...kali ini saya akan mencoba  memberikan sedikit penjelasan mengenai," Umpan Jitu Ikan Cakalang" yang dapat anda jadikan masukan dan materi contoh untuk mancing anda.

Berhubung perkembangan mancing diindonesia sangat pesat, banyak para pemancing mengunakan tehnologi internet sebagai sarana untuk mencari informasi, cara memancing,cara membuat umpan,harga alat pancing seperti, joran,reel,minow,senar, dan lokasi mancing yang banyak ikannya. Kali ini saya mencoba menunjukkan beberapa tutorial dan artikel bagi para pemancing untuk memudahkan pencarian.

Ikan Cakalan ialah nama lain dari ikan Cakalang. Termasuk dalam kelompok ikan tuna. Selain disebut Cakalan nama-nama lain antara lain ikan Cakang, Kambojo,  Kausa, Karamojo, Turingan, dan sebagian ada juga yang menamakannya ikan Tongkol. Ikan ini disebut skipjack tuna dalam bahasa Inggris. Memancing ikan Cakalan butuh keahlian tersendiri karena ikan ini lebih sering berada di tengah lautan dan selalu bergerak dalam kelompok-kelompok. Selain keahlian memancing, umpan jitu mancing ikan Cakalan pun harus disiapkan dengan sebaik-baiknya. Umpan yang sempurna akan menentukan keberhasilan memancing ikan Cakalang ini.

Ikan Cakalan atau Cakalang merupakan perenang hebat. Kecepatan renangnya bisa mencapai 77 km/jam. Tak menyerupai umumnya ikan dengan daging berwarna putih, daging ikan ini malah merah muda sampai merah gelap. Hal tersebut karena otot ikan Cakalan didominasi myoglobin ketimbang ikan laut lain. Umumnya memiliki ukuran badan yang besar, termasuk dalam keluarga ikan Tuna yang mempunyai nilai ekonomi tinggi.

Mempunyai tampilan badan serupa torpedo yang dinamakan fusiform, agak pipih di bab samping dengan verbal melancip. Hal mencengangkan dari keluarga ikan Tuna ini ialah kebisaannya mempertahankan temperatur badan lebih tinggi dibanding temperatur luar. Misalnya mereka bisa menjaga temperatur badan tetap berada pada kisaran 24 sampai 35 °C di dalam air masbodoh yang mempunyai temperatur 6 °C. Ikan ini sanggup menjalankan mekanisme itu dengan memproduksi panas lewat reaksi metabolisme. Rete mirabile yakni pembuluh vena dan arteri yang terdapat di samping badan akan mentransfer panas dari darah vena menuju darah arteri. Hal tersebut akan membatasi efek pendinginan permukaan badan dan mempertahankan otot selalu hangat. Itulah yang menimbulkan ikan jenis ini bisa berenang cepat namun menggunakan sedikit energi.

Ikan Cakalan terkenal sebagai ikan yang sangat rakus terhadap makanan yang tersedia. Mereka akan melawan arus air untuk memburu makanan yang melarikan diri. Dengan hidup secara berkelompok, ikan ini ialah target menarik untuk dipancing. Ikan Cakalan lebih menyukai umpan hidup berupa ikan-ikan kecil, cumi-cumi dan udang. Penggunaan umpan hidup ini jangan terlalu besar alasannya ialah akan sulit disambar oleh ikan Cakalan ini.

Beberapa jenis ikan-ikan kecil sebagai umpan jitu mancing ikan Cakalan ini diantaranya ialah ikan Tembang, ikan Lemuru, ikan Teri, ikan Selar, ikan Layang, Peperek dan lainnya. Bahkan ikan Mujair dan ikan Nila pun dapat digunakan sebagai umpan. untuk memancing ikan Cakalan ini memang diharapkan perlengkapan dan biaya yang tak murah. Setidaknya harus menyewa kapal dan juga menyediakan umpan hidup. Untuk itu acara mancing ini bisa dilakukan berombongan beberapa orang pemancing sekaligus.

Nah itulah sedikit penjelasan mengenai umpan jitu ikancakalang, mudah mudahan bisa bermanfaat, selamat mencoba.Gambar ikan cakalang.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top