Halo sahabat mancing setia apa kabar? Mudah mudahan dalam keadaan sehat selalu. Amin...Kali ini saya akan mencoba menawarkan sedikit penjelasan mengenai"Tehnik Mancing Ikan Baung Dan Umpannya" yang dapat anda jadikan masukan dan materi pola untuk mancing anda.

Ikan Baung termasuk ikan nocturnal yang aktif pada malam hari, sementara pada siang hari mereka seringnya berada di liang di celah-celah batuan maupun di balik onggokan kayu di dalam sungai. Tampilannya serupa dengan ikan lele, beda yang kasatmata hanya terdapat pada sirip punggung, dimana ikan baung mempunyai sirip punggung tajam dan kaku dengan warna kulit abu-abu agak kekuningan. Bila ingin mancing ikan jenis ini pastinya lebih pas jikalau dilakukan pada malam hari. Umpan untuk ikan baung perlu dipersiapkan biar target mancing anda terpenuhi.

Di Habitat aslinya ikan baung tergolong ikan omnivora atau memakan apa saja. Akan tetapi ada pula yang mengelompokkannya ke dalam kelompok ikan carnivora, alasannya lebih sering memangsa ikan-ikan berukuran kecil. Untuk keperluan mancing ikan baung, umpan jitu yang harus disiapkan yakni yang memiliki aroma anyir atau malah busuk busuk. Namun biasanya makanan alaminya yakni udang, remis, serangga, siput, dan tanaman air. Umpan jitu mancing ikan baung yang kerap digunakan oleh kalangan penghobi mancing yakni udang mati yang sudah membusuk, kuning telur asin, irisan daging ikan dan yang paling jitu yakni kucur.

Jika menggunakan umpan kucur ini dijamin ikan baung akan berebutan mendekati mata kail anda. Kucur yakni umpan khusus ikan baung yang dibuat dengan bahan-bahan berupa usus ayam, telur, lemak ayam, sapi atau lemak kambing. Tempatkan bahan-bahan tersebut dalam wadah berpenutup, kemudian timbun wadah itu dalam tanah selama 3 hari. Sesudah 3 hari masukkan segulung kapas ke dalam adonan busuk itu. Dan ketika memancing yang dipasang di mata pancing yakni kapas yang sebelumnya direndam dalam adonan busuk tadi.

Setelah umpan ikan baung dibuat maka saatnya memancing. Temukan lokasi ikan baung berdiam misalnya di lubuk yaitu area sungai yang dalam dengan kondisi air tenang. Tempatkan kapas ke mata pancing layaknya mengaitkan umpan lumut. Anda mesti tahan dengan busuk busuk yang ditimbulkannya. Lempar kail dimana diperkirakan ikan baung ada. Tak butuh waktu lama, ikan baung akan segera menyambar umpan kapas berbau busuk tadi. Pilih peralatan memancing yang layak lebih-lebih ukuran senar, gunakan yang memiliki diameter agak besar alasannya sentakan ikan baung ternyata lumayan kuat. Selalu pegangi joran alasannya umumnya ikan baung sekali menyambar umpan maka akan eksklusif dibawa lari.

Nah sahabat mancing setia itulah sedikit artikel mengenai tehnik mancing ikan baung dan umpanya, mudah mudahan artikel ini mampu bermanfaat bagi para pemancing setia. Selamat mencobanya.

Gambar ikan baung

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top