Halo para mancing setia apa kabarnya? Mudah mudahan dalam keadaan sehat selalu. Amin..nah sahabat mancing setia kali ini saya akan mencoba menawarkan sedikit penjelasan mengenai"Tehnik Mancing Ikan Sembilang" yang dapat anda jadikan masukan dan materi contoh untuk memancing anda.

Berhubung perkembangan mancing diindonesia sangatlahpesat, banyak para pemancing mengunakan tehnologi internet sebagai sarana untuk mencari isu menyerupai tehnik memancing, cara membuat umpan, harga harga alat pancing seperti: joran, reel, popper, senar, minow, bait casting bahkan tempat spot memancing yang banyak ikannya, oleh karena itu saya mencoba menawarkan beberapa tutorial dan artikel bagi para pemancing untuk memudahkan pencarian.

Ikan Dukang atau ikan Sembilang berasal dari keluarga Plotosidae yakni golongan ikan yang memiliki kumis (Siluriformes). Karakteristik utama ikan ini ialah sirip punggung kedua (sirip lemak), sirip ekor dan sirip anus yang menjadi satu. Ikan Dukang dalam bahasa Inggris disebut sebagai eel-tailed catfish. Ikan Dukang hidup di perairan payau di muara-muara sungai. Ikan Dukang hidup berkelompok dalam jumlah banyak. Ikan ini memiliki sifat rakus terhadap makanan. Tak perlu mempelajari umapn jitu mancing ikan Dukang karena apa saja yang diumpankan akan disambarnya. Wajar bila mancing ikan ini begitu mudah ketimbang jenis ikan lain yang menghuni muara sungai.

Memancing ikan Dukang jikalau sedang musimnya sangat mudah, umumnya jikalau hujan reda dengan air sungai yang keruh akan dapat banyak. Tekniknya mampu menggunakan dasaran timah di bawah rangkaian 2 sampai 3 hook. Umpannya boleh menggunakan udang kupas atau juga udang hidup. Saat yang paling sempurna ialah ketika pasang akan surut di pagi hari. Dapat juga memakai umpan berupa kepiting soka dengan ditusukkan ke kail. Cangkang kepiting soka ini cukup lunak sehingga mudah ditusuk. Namun untuk memperoleh kepiting jenis ini lumayan susah dan harganya pun cenderung mahal. Ikan Dukang pun doyan menyambar kerang putih serta cacing klelet.

Mata kail tak usah dilempar kelewat jauh karena ikan ini umumnya berlindung di balik rumpon, kerikil karang, tiang pancang jembatan dan lainnya. Cukup dengan memakai timah ukuran kecil dan lemparkan ke tepi perairan yang mempunyai kedalaman air antara 25 cm sampai 75 cm. Ketika memakai udang kupas kadangkala umpan sudah disantap duluan oleh ikan-ikan kecil. Sehingga dianjurkan untuk memakai udang hidup saja ketimbang udang kupas.

Sebelum pergi memancing ikan Dukang ini, anda harus tahu dulu spot terbaik ikan ini. Anda boleh menanyakan kepada pemancing lain yang sudah pernah ke sana dengan hasil tangkapan yang banyak. Tanyakan juga umpan mancing jitu ikan Dukang di daerah tersebut. Kadangkala ikan-ikan pun memiliki umpan favorit sendiri yang berbeda antar spot yang satu dengan spot lainnya. 

Ada beberapa tempat dimana ikan Dukang di sana paling gemar memangsa udang hidup, namun ada juga yang doyan menyantap udang kupas. Bahkan ada yang gemar memakan umpan berupa cuilan ikan busuk, disebabkan habitatnya yang bersahabat dengan dermaga dimana banyak kapal-kapal nelayan yang membuang sisa ikan hasil tangkapan yang sudah membusuk. Hati-hati bila mengangkat ikan Dukang ini karena memiliki patil yang bila terkena, tubuh akan terasa panas dingin.

Nah sahabat mancing setia itulah sedikit penjelasan mengenai tehnik memancing ikan sembilang, mudah mudahan artikel ini mampu bermanfaat dan apabila dalam penulisan artikel ini ada yang kurang anda mampu menambahkanya dan menyebarkan ilmu dengan kita.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top